Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » » Konstruksi Pemutus Tenaga

Konstruksi Pemutus Tenaga

Monday, April 22, 2013 | 0 comments

Perkembangan Konstruksi Pemutus Tenaga
Perkembangan konstruksi pemutus tenaga adalah sebagai berikut:
1.  Pemutus tenaga dari udara
Bentuknya runcing, busur listrik akan timbul (meloncat) pada bagian yang runcing terlebih dahulu pada saat kontak-kontak saklar terpisah. Karena berat jenis busur listrik lebih kecil daripada berat jenis udara, busur listrik akan mengapung ke atas sehingga busur listrik memanjang dan akhirnya putus.
2. Pemutus tenaga minyak banyak
Pemutus tenaga (PMT) minyak banyak  atau bulk oil circuit breaker. Pada PMT jenis ini, kontak-kontak saklar direndam dalam minyak. Minyak  berfungsi sebagai media pemutus busur listrik. Minyak diletakkan dalam tangki sehingga konstruksi pemutus tenaga minyak banyak menjadi besar.  Gambar II.38 menunjukkan konstruksi ruang pemadaman PMT minyak banyak sederhana.
3. Pemutus tenaga minyak sedikit
Pemutus tenaga (PMT) minyak sedikit atau low oil content circuit breaker. Media pemutus busur api yang digunakan adalah minyak seperti pada PMT minyak banyak, hanya saja pada PMT minyak sedikit ini ada bagian PMT yang menghasilkan minyak bertekanan untuk disemprotkan pada busur listrik, baik pada waktu PMT dibuka maupun pada waktu PMT ditutup. Karena menggunakan minyak bertekanan, dimensi PMT minyak sedikit lebih kecil dibandingkan dengan dimensi PMT minyak banyak. Pada PMT minyak sedikit, kualitas minyak PMT perlu diawasi secara teliti, terutama setelah PMT bekerja akibat gangguan. Pada saat memutus busur listrik akibat arus gangguan, minyak yang menyemprot busur listrik besar karena gangguan akan mengalami karbonisasi yang besar pula.
4. Pemutus tenaga gas SF6
Pemutus tenaga (PMT) gas SF6 prinsip kerjanya serupa dengan prinsip kerja PMT minyak sedikit, bedanya terletak pada media pemutus busur yang digunakan, yaitu gas SF6. Gas SF6 memiliki sifat isolasi yang baik selain sifamya sebagai pendingin yang baik. Pada PMT gas SF6 timbul masalah perapat antara bagian PMT yang bergerak dengan yang diam karena gas dapat menembus (bocor) di antara 2 bagian yang bergeseran tersebut sehingga diperlukan perapat (sealing) yang baik agar dapat meminimumkan kebocoran gas SF6.
5. Pemutus tenaga vakum
Pemutus tenaga (PMT) vakum  merupakan PMT  menggunakan teknologi mutakhir. Dalam PMT vakum tidak ada media pemutus busur listrik dan teknik memutus busur listrik dalam  PMT  vakum tergantung teknik memperpanjang busur listrik. Pelaksanaan memperpanjang busur listrik dilakukan dengan membuat berbagai bentuk kontak dan setiap pabrik mempunyai bentuk kontaknya masing-masing. Berbeda dengan PMT gas SF6, apabila terjadi kebocoran pada PMT vakum, maka tidak dapat dilakukan "pengisian" kembali karena proses membuat vakum tidak dapat dilakukan di lapangan dan tidak dikehendaki terjadinya kebocoran yang dapat mengurangi nilai kevakuman.
6. Pemutus Tenaga Medan Magnet
Pemutus  tenaga (PMT) medan magnet  atau magnetic circuit breaker memiliki prinsip kerja seperti PMT udara, hanya di sini terdapat magnet yang berfungsi menghasilkan medan magnet yang akan menarik busur listrik yang timbul pada saat pembukaan PMT sehingga bus, listrik menjadi lebih panjang dan akhirnya  putus. Gambar II.55 PMT medan magnet.
7. Pemutus Tenaga Udara Tekan
Pemutus tenaga (PMT) udara tekan dalam bahasa Inggris disebut  air blast circuit breaker.  PMT jenis ini memiliki prinsip serupa dengan prinsip kerja PMT gas SF6 hanya saja pada PMT udara tekan yang menjadi media pemutus busur listrik adalah udara tekan. Karena kemampuan isolasi udara lebih rendah daripada kemampuan isolasi gas SF6, maka pada PMT udara tekan dibutuhkan tekanan udara yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan gas SF6 pada PMT gas SF6
Download Reference pdf file
Daftar Pustaka

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger