Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , , , , » Macam-macam Radang Yang Sering Terjadi

Macam-macam Radang Yang Sering Terjadi

Tuesday, April 30, 2013 | 0 comments

Apa itu Radang atau inflamasi?

Radang atau inflamasi adalah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadapinfeksi dan iritasi. Inflamasi distimulasi oleh faktor kimia (histamin, bradikinin,serotonin, leukotrien, dan prostaglandin) yang dilepaskan oleh sel yang berperan sebagai mediator radang di dalam sistem kekebalan untuk melindungi jaringan sekitar dari penyebaran infeksi.
Beberapa kata kunci yang sering digunakan untuk mencari materi yang sedang kita bicarakan ini antara lain: atopic dermatitis, eczema, inflamasi, jenis Radang, mediator radang, osteoarthritis, peradangan selaput perut, Radang Kulit, Radang Sendi, Radang Tenggorokan, Radang Usus Buntu, sebhorrheic dermatitits

Jenis-jenis Radang

1.Radang Tenggorokan

Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di tenggorokan sehingga sipenderita susah sekali saat menelan makanan. Radang tenggorokan atau faringitis akut sering diikuti dengan gejala flu seperti demam, sakit kepala, pilek,dan batuk. Disebarkan oleh virus EBV atau kuman Strep. Pyogenes, radang tenggorokan mudah dikenali dengan memeriksakannyake dokter THT. Jika daerah faring ditemukan peradangan dengan tanda berupakemerahan serta terjadi pembesaran pada kelenjar limfe regional di sekitarnya,bisa dikatakan orang tersebut menderita radang tenggorokan.

Gejala-gejala seorang penderita radang tenggorokan:

  • Bengkak, berwarna merah pada tenggorokan
  • Susah berbicara, menelan, dan bernapas
  • Biasanya terjadi benjolan di sekitar leher
  • Demam tinggi
  • Sakit kepala yang luar biasa
  • Telinga pekak
Perawatan yang harus dilakukan adalah memberi si penderita dengan aspirin. Selain itu berikan air panas yang telah ditambahi satu sendok makangaram. Ini akan mengurangi rasa sakit akibat radang tenggorokan.

2. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu, yaitu sebuah usus kecil yang berbentuk jari yang melekat pada usus besar di sebelah kananbawah rongga perut.Usus buntu yang mengalami peradangan kadang-kadang pecah terbuka, yang menyebabkan peradangan selaput perut (peritonitis).
Peradangan selaput perut adalah peradangan yang gawat dan mendadak pada selaput yang melapisi dinding dalam rongga perut atau pada kantong yangmembungkus usus. Peradangan ini terjadi kalau usus lainnya pecah atau robek

a.Penyebab umum

 Adanya benda kecil atau keras (faecaliths) yang berada di appendix dantidak bisa keluar.

b.Tanda-tanda appendicitis:

  • Tanda yang utama ialah keluha nyeri yang menetap pada perut dan semakin lama semakin memburuk.
  • Rasa nyeri mulai terjadi di sekitar pusar, tetapi segera nyeri tersebutberpindah kesisi kanan bawah.
  • Mungkin selera makan menghilang, muntah, sembelit atau terdapat panasyang ringan.

3.Radang Kulit

Radang kulit, dermatitis, merupakan suatu gejala pada kulit saat jaringanterinfeksi oleh bakteri atau virus. Ada beberapa tipe radang kulit, yaitu:
  1. sebhorrheic dermatitits
  2. atopic dermatitis (eczema)
  3. Kedua tipe tersebut sangat bervariasi tergantung dari penyebab dan gejala yang terjadi.
Sesungguhnya penyakit ini tidak merupakan penyakit seumur hidup. Iahanya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dan mengurangi penampilandiri. Kombinasi antara perawatan kesehatan mandiri dan pengobatan medis akanmenghilangkan radang kulit.

4.Radang Sendi

Radang sendi, osteoarthritis adalah salah satu arthritis yang disebabkan olehberkurangnya cartilage terutama di daerah persendian. Cartilage sendiri merupakan substansi protein yang menjadi semacam oli bagi tulang dan persendian. Ketika cartilage mengalami penurunan dalamjumlah, selanjutnya struktur tulang akan tergerus.
Proses peradangan juga dapat merangsang syaraf perasa sakit sehingga menimbulkan rasa nyeri.Beberapa gejala peradangan biasanya ditandai timbulnya kemerahan pada bagiantubuh tertentu, peningkatan suhu, nyeri persendian atau rasa kaku pada sendi. Selainitu, peradangan meliputi beberapa gejala yang mirip flu biasa, seperti demam, kedinginan, rasa lelah, kekurangan tenaga, pusing-pusing, kehilangan selera makandan otot kaku. Tampaknya gejala-gejala itu yang kemudian diistilahkan denganpanas dalam oleh masyarakat awam di Indonesia.
Para ahli medis mengingatkan gejala panas dalam yang terjadi berulang kali sebaiknya dicermati. Sebab, peradangan yang mungkin diawali dengan persepsipanas dalam bisa saja mempengaruhi organ-organ dalam tubuh. Misalnya peradangan hati, ginjal dan ususyang juga ditandai dengan kram di perut yangdisertai diare.

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger