Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Apa Itu Oksidasi Asam Lemak Tidak Jenuh?

Apa Itu Oksidasi Asam Lemak Tidak Jenuh?

Friday, May 24, 2013 | 0 comments

Tahap reaksi dalam oksidasi asam lemak tidak jenuh hampir serupa dengan oksidasi asam lemak jenuh, kecuali bahwa diperlukan tambahan dua enzim lagi, yaitu isomerase dan reduktase.
Beberapa kata kunci untuk memudahkan anda mendapatkan informasi tentang Apa Itu Oksidasi?

Bagaimana Ikatan Rangkap pada atom C-nomor ganjil?

Sebagai contoh: oksidasi asam palmitoleat, suatu asam lemak C16 yang memiliki ikatan rangkap antara C-9 dan C-10 (C16:1?9)
CH3-(CH2)4-CH2-CH=CH-CH2-(CH2)4-CH2-CH2--COOH
Asam lemak ini diaktifkan dam diangkut merlintasi membran dalam mitokondria dengan cara yang sama seperti asamlemak jenuh. Selanjutnya palmitoil-KOA mengalami tiga kali daur oksidasi-b seperti halnya pada asam lemak jenuh dengan enzim-enzim yang sama. Enoil-KoA-sis-?3 yang terbentuk setelah ketiga kalinya jalur oksidasi bukanlah substrat bagi asil-KoA dehidrogenase. Adanya ikatan rangkap antara C-3 dan C-4 menghalangi pembentukan ikatan rangkap  lainnya antara C-2 dan C-3. Reaksi-reaksi berikutnya mengikuti reaksi oksidasi asam lemak jenuh.
Ikatan Rangkap pada atom C-nomor genap
Sebagai contoh:
CH3(CH2)4C=CCH2C=C(CH2)7COOH
Ikatan rangkap sis-?3 yang terbentuk setelah tiga kali daur oksidasi-b, diubah menjadi ikatan rangkap trans-?2 oleh isomerase, seeperti pada oksidasi palmitoleat. Ikatan rangkap sis-?12-linoleat menghadapai masalah baru. Asil KoA yang dihasilkan oleh empat daur oksidasi-b mengandung ikatan rangkap sis-?4, Dehidrogenasi oleh asil-KoA dehidrogenase menghasilkan zat antara 2,4Dienoil yang bukan substrat bagi enzim berikutnya pada jalur oksidasi-b. Kendala ini dapat diatasi oleh 2,4-dienoil KoAreduktase, suatu enzim yang menggunakan NADH untuk mereduksi zat antara 2,4-dienoil menjadi enoil KoA-sis-?3. Isomerasi tersebut di atas kemudian mengubah enoil KoA- sis-?3 menjadi bentuk trans, suatu zat antara yang lazim pada oksidasi-b. Dengan kedua enzim tambahan ini semua macam asam lemak tak jenuh jamak dapat dioksidasi. Ikatan rangkap yang letaknya pada atom C nomor ganjil ditangani oleh isomerase dan ikatan rangkap yang terletak pada atom C nomor genap ditangani oleh reduktase dan isomerase.
Download Reference pdf file
Daftar Pustaka

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger