Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Apa Itu Regulasi Glikolisis?

Apa Itu Regulasi Glikolisis?

Sunday, May 19, 2013 | 0 comments



Baiklah kembali lagi ke materi postinganku kali ini, kali ini aku akan membahas tentang regulasi glikolisis. Inilah hal yang pertama yang harus kita ketahui tentang regulasi glikolisis!

Beberapa kata kunci untuk memudahkan anda mendapatkan informasi tentang Regulasi  Glikolisis antara lain: aktif-site, allosterik dihambat oleh ATP, Glukokinase, Glukosa-6-phosphat, Heksokinase, Phophofruktokinase, Phosphofructokinase, Piuvat Kinase, rate-limiting step

Apa sih regulasi glikolisis itu?

Jalur glikolisis mengubah glukosa menjadi asam piruvat. Pada keadaan aerob, piruvat akan mengalami dekarboksilasioksidatif menjadi asetil koenzim A (asetil KoA).  Asetil KoA  selanjutnya akan mengalami rangkaian reaksi yang dikenal sebagai daur asam sitrat atau dikenal pula sebagai daur asam trikarboksilat atau daur Krebs.
Tiga enzim mengkatalisis reaksi dengan sangat spontan: Heksokinase, Phophofruktokinase, dan Piuvat Kinase. Pengendalian ketiga enzim ini menentukan kecepatan jalur glikolisis.
Heksokinase dihambat oleh produknya glukosa-6-phosphat. Glukosa-6-phosphat menghambat dengan berkompetisi pada aktif-site. Penghambatan ini menjamin bahwa sel tidak akan secara terus-menerus mengakumulasi glukosa dari darah, jika glukosa-6-phosphat dalam sel jumlahnya berlebihan.
Glukokinase, suatu varian Heksokinase terdapat dalam hati Aktif hanya jika konsentrasi glukosa tinggi. Glukokinase tidak dihambat oleh glukosa-6-phosphat. Hati akanmengambilnya bila kosentrasi glukosa-6-phosphat tinggi. Glukokinase, dengan KM yang tinggi untuk glukosa, memungkinkan hati untuk menyimpan glukosa sebagai glikogen, bila konsentrasi glukosa darah tinggi.
Enzim Glucose-6-phosphatase hati, suatu katalis hidrolitik, melepas Pi dari glukosa-6-phosphat. Dengan ini glukosa dilepas dari hati ke darah yang diperlukan untuk menjaga konsentrasi glukosa darah. Enzim Glukokinase and Glukosa-6-phosphatase, keduanya terdapat dalam hati, tetapi tidak untuk kebanyakan sel. Dengan demikian hati mengontrol konsentrasi glukosa darah.
Phosphofructokinase biasanya sebagai “rate-limitingstep jalur glikolisis.
Phosphofruktokinase mengkatalisis:
Fruktosa-6-phosphat + ATP  ------à fruktosa-1,6-bisphosphate + ADP
Phosphofructokinase (PFK) secara allosterik dihambat oleh ATP.
Penghambatan Phosphofruktokinase, sebagai “rate-limiting step glikolisis, bila konsentrasi ATP tinggi, mencegah pemecahan glukosa. Hal ini berguna bila sel akan menyimpan glukosa sebagai glikogen bila ATP cukup tersedia.

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger