Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Metode Penyediaan Air Bersih Domestik dan Industri

Metode Penyediaan Air Bersih Domestik dan Industri

Wednesday, May 1, 2013 | 0 comments

Ini memang masalah yang menjado fokus dunia sekarang ini, metode penyediaan air bersih, disaat semakin tingginya tingkat kemajuan di bidang teknologi, industry dan transportasi semakin banyak pula limbah yang di hasilkan dan dibuang ke sembarang tempat yang nantinya akan menumpuk dan menjadi sampah atau masuk kedalam badan air atau bahkan sumber air minum.

Ini merupakan beberapa kata kunci yang biasa digunakan untuk menemukan metode yang sedang kita bahas kali ini adalah alat penyaring air, alat penyaring air sederhana, alat penyaringan air sederhana, cara membuat filter air bersih, cara membuat filter air sederhana, cara membuat saringan air, cara menyaring air kotor, cara menyaring air sumur, cara penjernihan air secara alami, cara penjernihan air sederhana, cara penyaringan air, cara penyaringan air bersih, cara penyaringan air sederhana, filter air kolam, FILTER AIR KOLAM IKAN, filter air sederhana, filter air sumur, filter air tanah, filtrasi air bersih, filtrasi air sederhana, Gravity-Fed Filtering System, low Sand Filter, membuat saringan air, membuat saringan air bersih, metode penjernihan air, pengolahan air bersih sederhana, pengolahan air sederhana, penjernihan air secara sederhana, penyaringan air, penyaringan air sederhana, penyulingan air bersih, penyulingan air sederhana, proses penjernihan air, proses penjernihan air secara sederhana, proses penyaringan air, Rapid Sand Filter, saringan air sumur, Saringan Arang, Saringan Cadas, Saringan Kain Katun, Saringan Kapas, Saringan Keramik, Saringan Pasir Cepat, Saringan Pasir Lambat, Saringan Tanah Liat, sistem penyaringan air, teknik penjernihan air, teknik penjernihan air sederhana, teknologi penjernihan air, teknologi sederhana tepat guna
Masalah metode penyediaan air bersih ini akan menjadi pokok permasalah lagi ketika kita berupaya untuk meningkatkan drajat kesehatan masyarakat tetapi hygiene perorangan yang kurang akibat kurangnya air bersih.
Ok guys here dengan mengolah air kotor / air tidak layak pakai menjadi air yang serbaguna.

1. Saringan Kain Katun.

Pembuatan saringan air dengan menggunakan kain katun merupakan teknik penyaringan yang paling sederhana / mudah. Air keruh disaring dengan menggunakan kain katun yang bersih.

2. Saringan Kapas

Teknik saringan air ini dapat memberikan hasil yang lebih baik dari teknik sebelumnya. Seperti halnya penyaringan dengan kain katun, penyaringan dengan kapas juga dapat membersihkan air dari kotoran dan organisme kecil yang ada dalam air keruh.

3. Aerasi

Aerasi merupakan proses penjernihan dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air. Dengan diisikannya oksigen ke dalam air maka zat-zat seperti karbon dioksida serta hidrogen sulfida dan metana yang mempengaruhi rasa dan bau dari air dapat dikurangi atau dihilangkan. Selain itu partikel mineral yang terlarut dalam air seperti besi dan mangan akan teroksidasi dan secara cepat akan membentuk lapisan endapan yang nantinya dapat dihilangkan melalui proses sedimentasi atau filtrasi.

4. Saringan Pasir Lambat (SPL) atau Slow Sand Filter

Saringan pasir lambat merupakan saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan pasir terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan kerikil. Untuk keterangan lebih lanjut dapat temukan pada artikel Saringan Pasir Lambat (SPL).

5. Saringan Pasir Cepat (SPC) atau Rapid Sand Filter

Saringan pasir cepat seperti halnya saringan pasir lambat, terdiri atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah. Tetapi arah penyaringan air terbalik bila dibandingkan dengan Saringan Pasir Lambat, yakni dari bawah ke atas (up flow). Air bersih didapatkan dengan jalan menyaring air baku melewati lapisan kerikil terlebih dahulu baru kemudian melewati lapisan pasir.

6. Gravity-Fed Filtering System

Gravity-Fed Filtering System merupakan gabungan dari Saringan Pasir Cepat(SPC) dan Saringan Pasir Lambat(SPL). Air bersih dihasilkan melalui dua tahap. Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat(SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat.

7. Saringan Arang

Saringan arang dapat dikatakan sebagai saringan pasir arang dengan tambahan satu buah lapisan arang. Lapisan arang ini sangat efektif dalam menghilangkan bau dan rasa yang ada pada air baku. Arang yang digunakan dapat berupa arang kayu atau arang batok kelapa.

8. Saringan air sederhana / tradisional

Saringan air sederhana/tradisional merupakan modifikasi dari saringan pasir arang dan saringan pasir lambat. Pada saringan tradisional ini selain menggunakan pasir, kerikil, batu dan arang juga ditambah satu buah lapisan injuk / ijuk yang berasal dari sabut kelapa. Untuk bahasan lebih jauh dapat dilihat pada artikel saringan air sederhana.

9. Saringan Keramik

Saringan keramik dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama sehingga dapat dipersiapkan dan digunakan untuk keadaan darurat. Air bersih didapatkan dengan jalan penyaringan melalui elemen filter keramik. Beberapa filter kramik menggunakan campuran perak yang berfungsi sebagai disinfektan dan membunuh bakteri. Ketika proses penyaringan, kotoran yang ada dalam air baku akan tertahan dan lama kelamaan akan menumpuk dan menyumbat permukaan filter. Sehingga untuk mencegah penyumbatan yang terlalu sering maka air baku yang dimasukkan jangan terlalu keruh atau kotor.

10. Saringan Cadas / Jempeng / Lumpang Batu

Saringan cadas atau jempeng ini mirip dengan saringan keramik. Air disaring dengan menggunakan pori-pori dari batu cadas. Saringan ini umum digunakan oleh masyarakat desa Kerobokan, Bali. Saringan tersebut digunakan untuk menyaring air yang berasal dari sumur gali ataupun dari saluran irigasi sawah.

11. Saringan Tanah Liat.

Kendi atau belanga dari tanah liat yang dibakar terlebih dahulu dibentuk khusus pada bagian bawahnya agar air bersih dapat keluar dari pori-pori pada bagian dasarnya. 

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger