Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Pengertian Dan Jenis Rel (Busbar) Pada Pusat Pembangkit

Pengertian Dan Jenis Rel (Busbar) Pada Pusat Pembangkit

Sunday, May 12, 2013 | 0 comments

Semua generator sinkron pada pusat pembangkit listrik menyalurkan tenaga listrik ke rel pusat listrik. Demikian pula semua saluran yang mengambil maupun yang mengirim tenaga listrik dihubungkan ke rel ini.

1. Rel   tunggal   pada   pusat pembangkit

Rel tunggal adalah  susunan  rel yang sederhana dan relatif paling murah, tetapi memiliki kelemahan dalam hal keandalan,  dan kontinuitas pelayanan serta kurang fleksibel dalam pengoperasiannya. Jika terjadi  kerusakan pada  rel, seluruh pusat listrik harus dipadamkan jika akan melakukan  perbaikan. Rel  tunggal paling baik jika digunakan hanya pada pusat  pembangkit listrik  yang tidak begitu penting peranannya dalam sistem.

2. Rel Ganda dengan Satu PMT

Hubungan ke rel 1 atau rel 2 dilakukan melalui PMS. Rel ganda umumnya dilengkapi dengan PMT beserta PMS-nya yang berfungsi menghubungkan rel 1 dan rel 2. Dengan rel ganda, sebagian instalasi dapat dihubungkan ke rel 1 dan sebagian lagi ke rel 2. Kedua rel tersebut (rel 1 dan rel 2) dapat dihubungkan paralel atau terpisah dengan cara menutup atau membuka PMT Kopel. Dengan cara ini fleksibilitas pengoperasian bertambah terutama sewaktu menghadapi gangguan yang terjadi dalam sistem. Sebagian dari unit  pembangkit atau beban dapat dihubungkan ke rel 1 dan lainnya ke rel 2. Apabila salah satu unit pembangkit atau salah satu beban akan dipindah rel, terlebih dahulu PMT-nya harus dibuka, selanjutnya disusul pembukaan PMS rel yang akan dilepas, baru memasukkan  PMS rel yang dituju,  urutannya tidak boleh dibalik. Apabila terbalik, maka akan terjadi hubungan paralel antara rel 1 dan rel 2 yang belum tentu sama tegangannya dan berbahaya. Setelah selesai melakukan pemindahan posisi PMS, PMT dimasukkan. Untuk unit pembangkit, pemasukan PMT harus melalui proses sinkronisasi.

3. Pusat pembangkit listrik dengan dua PMT

Rel ganda dengan dua PMT sama seperti rel ganda dengan satu PMT, tetapi  semua unsur dapat dihubungkan ke rel 1 atau rel 2 atau dua-duanya melalui PMT sehingga fleksibilitasnya lebih baik tinggi. Pusat pembangkit listrik dengan rel ganda menggunakan dua PMT (PMT Ganda). Pemindahan beban dari rel 1 ke   rel 2 dapat dilakukan tanpa pemadaman, karena dengan adanya 2 buah PMT (masing-masing satu PMT untuk setiap rel) pemindahan beban dilakukan  dengan menutup rel yang dituju, kemudian membuka PMT rel yang dilepas. Rel 1 dan rel 2 tegangannya sama, baik besarnya maupun phasanya, setelah itu PMT harus masuk.

4. Rel dengan PMT 1½

Rel dengan PMT 1½  adalah rel ganda dengan 3 buah PMT di antara dua rel. Jika rel-rel diberi identifikasi sebagai rel A dan rel B, maka PMT yang dekat dengan rel A diberi identifikasi sebagai PMT A1, PMT A2, dan seterusnya. PMT yang dekat rel B diberi identifikasi sebagai PMT B1, PMT B2, dan seterusnya. PMT yang di tengah disebut PMT diameter dan diberi identifikasi sebagai PMT AB1, PMT AB2, dan seterusnya. Bagian-bagian  dari  instalasi dihubungkan pada titik-titik yang letaknya antara PMT A dengan PMT B dan pada titik-titik yang letaknya antara PMT B dengan PMT AB. Dibandingkan dengan rel-rel sebelumnya, rel dengan PMT 1½  ini memiliki keandalan paling tinggi.
Jika rel A mengalami gangguan,  dengan  membuka  semua  PMT bernomor  A beserta  PMS-nya,  daya  tetap  dapat  disalurkan secara penuh. Jika rel B mengalami gangguan, dengan  membuka  semua  PMT bernomor  B  beserta PMSnya,  daya tetap  dapat disalurkan secara penuh. Apabila rel A dan Rel B mengalami gangguan, dengan membuka semua PMT bernomor A dan PMT bernomor B beserta PMS-nya, daya tetap bisa disalurkan walaupun dengan fleksibilitas pembebanan yang berkurang.

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger