Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Saluran Kabel antara Generator Sinkon 3 Phasa dan Rel

Saluran Kabel antara Generator Sinkon 3 Phasa dan Rel

Sunday, May 12, 2013 | 0 comments

Bagaimana Perlindungan saluran  kabel antara generator dan Rel?

Perlindungan saluran  kabel antara generator dan rel dilakukan menggunakan kabel yang diletakkan pada saluran khusus dalam tanah dan jika berada di atas tanah diletakkan pada rak penyangga kabel yang melindungi kabel secara mekanis.
Perlindungan mekanis tersebut untuk mencegah kerusakan kabel dan dapat menimbulkan gangguan. Gangguan pada kabel antara generator dengan rel dapat merusak generator. Kerusakan pada generator tidak dikehendaki karena memerlukan biaya perbaikan mahal dan waktu perbaikannya lama sehingga dapat menimbulkan pemadaman pasokan daya listrik.

Bagaimana Cara memasang kabel saluran?

Antara generator pembangkit dengan rel  terdapat transformator arus dan transformator tegangan untuk keperluan pengukuran dan proteksi. Saluran antara generator dan rel menggunakan kabel Setelah melalui transformator arus dan transformator tegangan, kabel dihubungkan ke saklar tanpa pemutus tenaga (PMT) dan saklar pemisah (PMS) sebelum dihubungkan ke rel.
Kabel yang digunakan  adalah kabel 1  phasa berjumlah 3  buah kabel. Tujuannya memudahkan pemasangan, terutama adanya transformator arus dan transformator tegangan serta memudahkan  dalam perbaikan jika terjadi kerusakan pada kabel tersebut. Titik netral dari generator dihubungkan membentuk  hubungan bintang. Untuk generator kecil dengan kapasitas di bawah 5 MVA, titik netral generator tidak ditanahkan. Untuk generator yang lebih dari 5 MVA, dianjurkan melakukan pentanahan titik netral generator melewati tahanan, kumparan, atau transformator kecil (transformator distribusi) untuk  proteksi.
Dalam melakukan pentanahan, digunakan kabel serupa dengan kabel yang menghubungkan generator dengan rel. Dalam prakteknya,  khusus generator besar (di atas 10 MVA) dilakukan pencabangan untuk memberi daya ke transformator pemakaian sendiri. Pencabangan pada saluran antara generator dan rel harus dihindari dan jika sangat diperlukan pelaksanaannya, dengan membuat rel kecil dalam ruang khusus dan sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan arus gangguan yang besar karena letaknya dekat dengan generator dan dapat menimbulkan kerusakan fatal karena generator tidak dapat berproduksi.

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger