Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Apa itu Glikolisis Non-Glukosa?

Apa itu Glikolisis Non-Glukosa?

Saturday, April 27, 2013 | 0 comments

Apa saja yang termasuk Glikolisis Non-Glukosa?

Metabolisme Fruktosa

Ingat bahwa  hidrolisis sukrosa (gula pasir) menghasilkan fruktosa dan glukosa. Banyak terdapat pada bahan makanan (misalnya, madu). Jalur penggunaan fruktosa berbeda dalam otot dan hati. Otot mengandung hanya heksokinase yang memfosforilasi fruktosa menjadi F6P yang merupakan senyawa intermediat glikolisis. Pada hati, yang umumya mengandung glukokinase yang spesifik untuk substrat glukosa, memerlukan tambahan enzim untuk menggunakan fruktosa dalam glikolisis. Langkah pertama adalah fosforilasi fruktosa menjadi fruktosa 1-phosphat (F1P) oleh fruktokinase. Fruktosa 1-phosphat kemudian dipecah menjadi gl;iserladehid dan dihidroksiaseton fosfat (DHAP). Pemecahan aldol ini dikatalisis oleh fruktosa 1-phosphat aldolase. Gliseraldehid kemudian difosforilasi menjadi gliserladehid 3-phosphat oleh triosakinase sehingga juga dapat masuk glikolisis.

Metabolisme Galaktosa

Galaktosa, yang dimetabolisme dari gula susu, laktosa (hidrolisis menghasilkan glukosa dan galaktosa), memasuki glikolisis dengan dikonversi menjadi glukosa-1-phosphat (G1P). Hal ini terjadi melalui sejumlah tahap. Pertama, galaktosa difosforilasi oleh galaktokinase menghasilkan galaktosa-1-phosphat.
Galaktosa-1-phosphat kemudian mendapat gugus uridil dari uridin diphosphoglukosa (UDP-glukosa) yang dikatalisis oleh. galaktosa-1-phosphat uridil transferase Hal ini menghasilkan UDP-galaktosa dan G1P). UDP-galaktosa selanjutnya diepimerasi menjadi UDP-glukosa oleh UDP-galaktosa-4-epimerase.
Akhirnya, glukosa-1-phosphat, dibentuk dari galaktosa, mengalami isomerasi menjadi glukosa-6-phosphat oleh phosphoglukomutase.

Gangguan Klinis Metabolisme Galaktosa

Ketiadaan galaktosa-1-phosphat uridil transferase menyebabkan galaktosemia, penyakit berat yang diturunkan sebagai sifat resesif autosomal. Metabolisme galaktosa pada orang yang mempunyai penyakit ini dihambat pada galaktosa-1-phosphat. Bayi dengan penyakit ini tak dapat tumbuh cepat. Muntah atau diare terjadi bila susu dikonsumsi, dan pembesaran hati dan penyakit kuning umumnya menyertai penyakit ini. Lebih lanjut banyak pasien galaktosemia mengalami retardasi mental. Galaktosemia diobati dengan pengeluaran galaktosa dari makanan. Makanan bebas galaktosa menyebabkan regresi hampir semua gejala klinik secara`mencolok, kecuali retardasi mental, yang mungkin tidak revesibel.

Metabolisme Mannosa

Mannosa difosforilasi oleh heksokinase menjadi mannosa-6-phosphat. Mannosa-6-phosphat selanjutnya dikonversi menjadi fruktosa-6-phosphat oleh enzim phosphomannosa isomerase, dan selanjutnya memasuki jalur glikolisis atau dikonversi menjadi glukosa-6-phosphat oleh jalur glukoneogenesis pada hepatosit.

Metabolisme Gliserol

Sumber utama gliserol adalah jaringan adiposa. Molekul ini merupakan kerangka untuk triasilgliserol. Setelah melepas bagian asam lemak, gliserol diangkut ke hati dimana akan mengalami fosforilasi oleh gliserol kinase menghasilkan gliserol-3-phosphat. Gliserol-3-phosphat dioksidasi menjadi DHAP oleh gliserol-3-phosphat dehidrogenase. DHAP selanjutnya memasuki glikolisis jika sel membutuhkan hati memerlukan energi. Adakalanya gliserol memasuki jalur glukoneogensis untuk menghasilkan glukosa.

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger