Blog ini mampu menghasilkan hingga 1.000.000 per bulan hanya dengan share link dengan adf.ly. Mau???
 
Home » , , » Apa Masalah Utama dalam Pembangkitan Tenaga Listrik?

Apa Masalah Utama dalam Pembangkitan Tenaga Listrik?

Saturday, May 11, 2013 | 0 comments

Proses pembangkitan energi listrik pada prinsipnya merupakan konversi energi primer menjadi energi mekanik yang berfungsi sebagai penggerak dan penggerak tersebut (energi mekanik) dikonversi oleh generator listrik menjadi tenaga listrik.
Pada proses konversi tersebut pasti timbul masalah-masalah. Masalah yang timbul pada poses konversi energy tersebut diantaranya adalah:
  1. Penyediaan Energi Primer: Energi primer untuk pusat pembangkit listrik thermal berupa bahan bakar. Penyediaan bahan bakar harus optimal, meliputi:  pengadaan bahan bakar, transportasi bahan bakar, dan penyimpanan  bahan bakar serta faktor keamanan dari resiko terjadinya kebakaran karena kebakaran dapat diakibatkan oleh faktor kelalaian manusia dalam menyimpan bahan bakar maupun akibat terjadinya reaksi kimia dari bahan bakar itu sendiri Energi primer pada PLTA adalah air, proses pengadaanya dapat berasal asli dari alam dan dapat berasal dari sungai-sungai dan air hujan yang ditampung pada waduk atau bendungan.
  2. Penyediaan air untuk keperluan pendingin: Kebutuhan terpenuhinya penyediaan air pendingin  khususnya pada pusat pembangkit listrik  thermal,  sangat penting keperadaannya seperti pada PLTU dan PLTD. Sedangkan pada PLTG kebutuhan air untuk keperluan pendinginan tidak memerlukan air pendingin yang banyak. PLTU dan PLTD dengan daya terpasang melebihi  25 MW banyak yang dibangun di daerah pantai karena membutuhkan air pendingin dalam jumlah  besar sehingga PLTU dan PLTD dapat menggunakan air laut sebagai bahan untuk keperluan air pendingin. Pada unit-unit PLTD yang kecil, atau di bawah 3 MW, proses pendinginannya dapat menggunakan udara yang berasal dari radiator.
  3. Masalah Limbah: Pusat Listrik Tenaga Uap yang menggunakan bahan bakar batu bara, menghasilkan limbah abu batu bara dan asap yang mengandung gas S02, C02, dan NO. Semua PLTU menghasilkan limbah bahan kimia dari air ketel (blow down). Pada PLTD dan PLTG menghasilkan limbah yang berupa minyak pelumas. PLTA tidak menghasilkan limbah, tetapi limbah yang berasal dari masyarakat yang masuk ke sungai sering menimbulkan gangguan pada PLTA.
  4. Masalah Kebisingan:Pada pusat listrik thermal dapat menimbulkan suara keras yang merupakan kebisingan bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya, sehingga tingkat kebisingan yang ditimbulkan harus dijaga supaya  tidak melampaui standar kebisingan yang ditetapkan.
  5. Operasi Operasi pusat pembangkit listrik sebagian besar 24 jam sehari. Selain itu biaya penyediaan tenaga listrik sebagian besar (±60%) untuk operasi pusat pembangkit listrik, khususnya untuk pengadaan  bahan bakar, sehingga perlu dilakukan operasi  pusat pembangkit  listrik yang efisien.
  6. Pemeliharaan: adalah kegiatan untuk menjaga atau memelihara fasilitas dan atau peralatan serta  mengadakan perbaikan atau penyesuaian dan atau mengganti yang diperlukan sehingga terdapat suatu keadaan operasi produksi yang memuaskan.
  7. Gangguan dan Kerusakan: Gangguan adalah peristiwa yang menyebabkan Pemutus Tenaga (PMT) membuka (trip) di luar kehendak operator sehingga terjadi pemutusan pasokan tenaga listrik. Gangguan sesungguhnya adalah peristiwa hubung singkat yang penyebabnya kebanyakan petir dan tanaman.
  8. Pengembangan Pembangkit: Pada umumnya, pusat listrik yang berdiri sendiri maupun yang ada dalam sistem  interkoneksi memerlukan pengembangan. Hal ini disebabkan karena beban yang dihadapi terus bertambah, sedangkan di lain pihak unit pembangkit yang ada menjadi semakin tua dan perlu dikeluarkan dari operasi.
  9. Perkembangan Teknologi Pembangkitan: Perkembangan teknologi pembangkitan umumnya mengarah pada perbaikan efisiensi dan penerapan teknik konversi energi yang baru dan penurunan bahan bakar baru. Perkembangan ini meliputi segi perangkat keras (hardware) seperti komputerisasi dan juga perangkat lunak (software) seperti pengembangan model-model matematika untuk optimasi.
Download Reference pdf fileDaftar Pustaka

 

Cara download di adsenfe.blogspot.com

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | ArhyT503 Copyright © 2011. Online World - All Rights Reserved
Template Modify by ArhyT503
Proudly powered by Blogger